Kebakaran Dahsyat Landa Hutan Alaska, Satelit NOAA Berikan Peringatan Bahaya

Sabtu, 02 Juli 2022 - 07:33 WIB
loading...
A A A
Satelit GOES-16 dan GOES-17 NOAA juga membantu deteksi dini di daerah terpencil, mengidentifikasi kebakaran hutan dari orbit sebelum orang melihatnya di darat. Satelit-satelit ini dilengkapi dengan teknologi citra inframerah, yang memungkinkan mereka mendeteksi titik-titik panas secara real-time dan menunjukkan intensitas kebakaran.

Data inframerah juga memungkinkan para ilmuwan untuk melacak badai petir yang diresapi asap berikutnya, atau awan pyrocumulonimbus, yang dapat menyebabkan cuaca buruk. Sistem prediksi cuaca NOAA, yang disebut model High-Resolution Rapid Refresh (HRRR)-Smoke, memberikan prakiraan 48 jam untuk asap permukaan dan asap di ketinggian.

Model ini, dipasangkan dengan data dari satelit NOAA, memberikan pengukuran rinci tentang jumlah asap yang dihasilkan, ketinggian asap dan arah asap yang diharapkan bergerak, yang dapat digunakan oleh kru pemadam kebakaran, responden pertama, dan pengontrol lalu lintas udara untuk melacak dan bereaksi terhadap kebakaran hutan.

“Manfaat yang diberikan oleh satelit NOAA generasi terbaru tidak hanya terlihat saat terjadi kebakaran tetapi juga penting dalam memantau seluruh siklus hidup bencana kebakaran. Data dari satelit membantu peramal memantau kondisi kekeringan, menemukan titik panas, mendeteksi perubahan perilaku api, memprediksi gerakan api, memantau asap dan kualitas udara, dan memantau lanskap pasca-kebakaran yang belum pernah ada sebelumnya,” tulis pejabat NOAA.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1350 seconds (0.1#10.140)