Pertanyaan Besar dan Jawabannya tentang Keistemewaan Komet Neowise

Kamis, 23 Juli 2020 - 13:01 WIB

5. Seberapa Besar Komet Neowise Comet Neowise?

Komet Neowise berdiameter sekitar 3 mil (5 kilometer), "yang merupakan komet yang cukup besar tetapi berukuran rata-rata," kata Kramer.

"Jarang melihat sesuatu yang seterang ini," tambahnya. "Ada komet dengan ukuran ini yang kita lihat secara teratur, tapi kebanyakan dari mereka berasal dari Bumi sehingga mereka tidak mendapatkan cahaya seterang ini. Mereka terlalu jauh dari Matahari dan Bumi," ujarnya.

6. Kecepatan Komet Neowise

Berapa kecepatannya? Komet ini melaju dengan kecepatan 40 mil per detik sekitar 144.000 mph, atau 231.000 km/jam.

Joe Masiero, Wakil Penyelidik Utama Misi NEOWISE, mengatakan, komet itu bergerak sekitar dua kali lebih cepat dari kecepatan Bumi mengelilingi Matahari. Tapi jangan berharap klip cepat itu bertahan lama.

Karena orbitnya yang sangat elips dari komet, dia akan melambat ketika mencapai titik terjauh dari matahari, kemudian jatuh kembali ke arah tata surya bagian dalam dan berakselerasi lagi ketika kembali mengelilingi Matahari. Perjalanan mengelilingi Matahari itu berakhir untuk orbit Komet Neowise saat ini dan bergerak kembali ke tata surya luar.

"Dan saat itu semakin jauh dari matahari, Neowise akan melambat saat ia naik kembali ke gravitasi dengan baik," kata Masiero.

7. Akankah Neowise Menghantam Bumi?