Pertanyaan Besar dan Jawabannya tentang Keistemewaan Komet Neowise

Kamis, 23 Juli 2020 - 13:01 WIB
Jangan takut, Komet Neowise tidak akan menabrak Bumi. "Komet khusus ini tidak memiliki kemungkinan berdampak pada Bumi. Dia melintasi bidang orbit Bumi di dalam orbit pemulihan dan hampir mendekati orbit Merkurius, jadi sama sekali tidak ada bahaya dari komet ini," ungkap Lindley Johnson, Perwira Pertahanan Planet dan Eksekutif program Kantor Koordinasi Pertahanan Planetary NASA di Markas NASA, seperti dikutip Space.com.

Komet itu mengorbit Matahari setiap 6.800-7.000 tahun. Komet saat ini sekitar 70 juta mil (111 juta kilometer) jauhnya dari Bumi.

8. Apakah Berasal dari Ruang Antarbintang?

Tidak, Komet Neowise berasal dari tata surya kita sendiri. Sampai saat ini, hanya dua benda antarbintang yang ditemukan: "Oumuamua" dan "Comet Borisov".

"Yang ini kita tahu itu bukan objek Antarbintang. Dengan mengamati gerakannya, kita dapat melihat bahwa itu terikat dengan gravitasi matahari," kata Kramer.

Jadi, kata dia, komet datang dengan sangat cepat dan kemudian akan kembali lagi dan kemudian. "Tetapi kembali lagi dalam sekitar 6.800 tahun," pungkasnya.
(iqb)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More