10 Penyakit Teraneh di Tahun 2020, Ada yang Mirip Santet

Kamis, 31 Desember 2020 - 06:44 WIB
Kondisi wanita itu sangat langka bahkan belum ada nama penyakitnya. Dokter mengusulkan untuk menyebutnya "sindrom pembuatan bir otomatis kemih" atau "sindrom fermentasi kandung kemih".

6. Limpa yang "Mengembara"



(Foto/The New England Journal of Medicine)

Seorang wanita di Michigan, AS, ditemukan limpanya "menjelajah" ke dalam tubuhnya selama 48 jam. Pasien memiliki kondisi langka yang dikenal sebagai "limpa berkeliaran", kasus yang terjadi ketika ligamen yang menahan limpa di tempat biasanya melemah dan memungkinkan organ untuk bermigrasi di dalam tubuh.

Hasil CT scan pada perut wanita yang diambil hanya dengan jarak dua hari menunjukkan bahwa limpanya telah berpindah dari kuadran kiri atas perutnya ke kuadran kanan bawah, menurut laporan kasus yang diterbitkan 19 November di The New England Journal of Medicine. Itu berjarak sekitar 1 kaki (0,3 meter), kata penulis.

Wanita tersebut memiliki kondisi hati yang mengakibatkan limpa membesar, yang pada gilirannya menyebabkan ligamen di sekitar limpa meregang. Pengobatan khas untuk limpa yang berkeliaran adalah pengangkatan limpa. Tetapi dalam kasus ini, pasien berharap untuk menerima transplantasi hati, dan menjalani operasi terpisah untuk mengangkat limpa dapat mengakibatkan komplikasi yang akan mencegahnya memenuhi syarat untuk mendapatkan hati baru.

Jadi dokter memutuskan untuk menunggu, dan berencana untuk mengangkat limpa pada saat yang sama dengan operasi transplantasi hatinya.

7. Virus Korona yang Persisten

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More