Uniknya Helm Bertanduk Panjang Berusia 1.500 Tahun Simbol Penguasa Viking

Sabtu, 08 Januari 2022 - 22:45 WIB
Selain tanduknya yang menonjol, helm Viks dihiasi dengan simbol yang dimaksudkan agar terlihat seperti mata dan paruh burung pemangsa. Bulu yang sejak itu terkikis kemungkinan menempel di ujung tanduk dengan birch tar, dan setiap helm juga mungkin memiliki surai bulu kuda. (Baca juga; Bangsa Viking Pun Tersingkir Akibat Perubahan Iklim )

Baik tanduk banteng maupun burung pemangsa mungkin merupakan simbol matahari. Sebab, ikonografi serupa dari waktu itu juga telah ditemukan di beberapa wilayah Eropa, seperti di pulau Mediterania Sardinia dan di barat daya Iberia. "Ini jelas bukan kebetulan, pasti ada semacam hubungan di sana," kata Vandkilde.



Ada kemungkinan bahwa simbologi penyembahan matahari mungkin telah mencapai Skandinavia di sepanjang rute laut, dari Mediterania dan di sepanjang pantai Atlantik, yang digunakan oleh pelaut Fenisia untuk perdagangan setelah sekitar 1000 SM. Tidak ada tanda-tanda bahwa helm Viks pernah digunakan untuk perang. (Baca juga; Berbentuk Bulan Sabit, Anting-anting Emas Kuno Berusia 1000 Tahun Raja Viking Bikin Penasaran )

"Mereka tidak pernah digunakan untuk pertempuran. Sebaliknya, para pemimpin mungkin mengenakan helm sebagai simbol otoritas pada saat wilayah menjadi lebih dipolitisir dan terpusat. Para pemimpin itu pasti menggunakan keyakinan agama dan sifat-sifat inovatif, seperti tanduk, untuk memajukan kekuasaan mereka," ujar Vandkilde.
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More