Ilmu Pengetahuan Ungkap Waktu Tidak Ada di Dunia

Senin, 10 April 2023 - 21:12 WIB
Ilmu Pengetahuan Ungkap Waktu Tidak Ada di Dunia
Ilustrasi waktu. Foto: Istimewa
JAKARTA - Tahukah Anda bahwa waktu tidak independen dari ruang? Melainkan bagian dari entitas terpadu yang disebut ruang-waktu. Ruang waktu adalah kontinum empat dimensi yang menggambarkan geometri alam semesta.

Dilansir dari Physics Astronomy, dalam ruang-waktu, tidak ada masa kini, masa lalu, atau masa depan yang mutlak.

"Tetapi hanya peristiwa yang terjadi di lokasi dan waktu yang berbeda, relatif satu sama lain. Urutan dan durasi peristiwa ini dapat bervariasi, tergantung kerangka acuannya," tulis laman itu, dikutip Senin (10/4/2023).

Salah satu argumen utama, bahwa waktu tidak ada, berasal dari fisika kuantum, yang merupakan cabang ilmu yang mempelajari perilaku partikel subatomik.

Fisika kuantum mengungkapkan, bahwa dunia pada skala terkecil adalah probabilistik dan tidak pasti. Hal ini berarti bahwa peristiwa tidak memiliki hasil yang pasti, sampai mereka diamati.

"Ini menyiratkan bahwa tidak ada realitas objektif atau sejarah yang independen dari pengamatan," jelasnya.

Selanjutnya, fisika kuantum menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan mendasar antara masa lalu dan masa depan, tetapi hanya korelasi antara peristiwa.

"Misalnya, belitan kuantum adalah fenomena di mana dua partikel dapat berbagi keadaan kuantum dan saling mempengaruhi secara instan, terlepas dari jarak atau waktunya. Ini berarti bahwa efeknya dapat mendahului penyebabnya, atau penyebabnya dapat bergantung pada efeknya," tambahnya.