Jejak Dinosaurus Raksasa Ditemukan di Alaska, Seukuran Lapangan Bola

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 12:50 WIB
loading...
Jejak Dinosaurus Raksasa Ditemukan di Alaska, Seukuran Lapangan Bola
Jejak dinosaurus raksasa yang bersarang di Alaska, Amerika Serikat. (Foto: Science Alert)
A A A
JAKARTA - Jejak dinosaurus raksasa yang bersarang di Alaska, Amerika Serikat berhasil ditemukan, berukuran sekitar 7.500 meter persegi atau lebih besar dari lapangan bola.

Sejatinya jejak tersebut sudah ditemukan pada 2010. Namun, baru disadari bahwa itu adalah jejak dinosaurus yang hidup 70 juta tahun lalu.

Dikutip dari Science Alert, Jumat (18/8/2023), temuan ini sangat menarik bagi para peneliti. Bukan tanpa alasan, pasalnya jejak juga memiliki kedalaman yang luar biasa, yakni setinggi bangunan 20 lantai dan memiliki jalur yang tersebar.

"Ini bukan hanya satu tingkat batu dengan jejak di atasnya. Ini adalah urutan waktu," ujar ahli paleontologi Dustin Stewart, yang memimpin penelitian saat berada di University of Alaska Fairbanks.



Jejak tersebut merupakan kombinasi dari cetakan yang dibuat di lumpur lunak yang kemudian mengeras.

Ahli paleontologi Pat Druckenmiller dari University of Alaska Fairbanks menyebut jejak dibuat oleh dinosaurus yang belum diketahui pasti spesiesnya.

Jejak yang ditemukan di Pegunungan Alaska ini bukan satu-satunya bukti peninggalan dinosaurus. Tanaman fosil, butiran serbuk sari, dan jejak kerang air tawar dan invertebrata juga telah ditemukan di daerah tersebut.



Kembali ke Zaman Kapur Akhir, daerah ini dipenuhi kehidupan, dengan kolam dan danau di dekatnya. Iklimnya lebih hangat dengan hutan pohon jenis konifera dan gugur.

"Itu berhutan dan penuh dengan dinosaurus. Ada tyrannosaurus berlarian di sekitar Denali yang ukurannya berkali-kali lipat dari beruang coklat terbesar di sana hari ini. Ada raptor. Ada reptil terbang. Ada burung. Itu adalah ekosistem yang menakjubkan," kata Druckenmiller.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3089 seconds (0.1#10.140)