4 Keunggulan GM 400 Alpha yang Dibeli Indonesia, Radar Jarak Jauh Canggih Buatan Thales Prancis

Senin, 21 Agustus 2023 - 19:48 WIB
loading...
4 Keunggulan GM 400 Alpha yang Dibeli Indonesia, Radar Jarak Jauh Canggih Buatan Thales Prancis
GM 400 Alpha merupakan salah satu radar udara long-range air surveillance paling laris di dunia. Foto/Thales Group
A A A
JAKARTA - PT Len Industri memesan sekitar 13 unit GM 400 Alpha beberapa waktu lalu. Radar jarak jauh Ground Master (GM) tersebut merupakan produksi perusahaan asal Prancis yang bernama Thales.

GM 400 Alpha merupakan salah satu radar udara long-range air surveillance paling laris di dunia. Dengan pengalamannya yang sudah teruji di berbagai negara lain, pembelian ini ditujukan untuk memperkokoh kedaulatan wilayah udara Indonesia.

Tak hanya itu, GM 400 Alpha juga memiliki banyak keunggulan yang membuatnya disukai banyak negara. Berikut beberapa keunggulan GM 400 Alpha.

Keunggulan GM 400 Alpha

1. Deteksi Ancaman Jarak Jauh


GM 400 Alpha terkenal dengan kemampuan mendeteksi ancaman jarak jauh dengan ketinggian rendah. Hal ini menjadi salah satu faktor atau alasan mengapa sistem radar tersebut cukup diminati negara-negara di dunia.

Pada fiturnya, GM 400 Alpha memiliki tingkat kesadaran situasi (situational awareness) yang lebih superior untuk melakukan deteksi ancaman dini dan membantu menjaga wilayah udara lebih optimal.

Melalui tingkat pembaruan selama 6 detik dan cakupan elevasi mencapai 40 derajat, GM 400 Alpha bisa terus memindai wilayah udara sekaligus mendeteksi semua jenis target di jangkauan tinggi, sedang, hingga rendah.

2. Jarak Jangkauan


GM 400 Alpha memiliki area jangkauan yang cukup luas. Kelebihan ini memungkinkannya untuk mengawasi area pertahanan udara yang lebih besar lagi.



Mengutip laman resmi Thales, salah satu fitur GM 400 Alpha adalah deteksi dan pelacakan ancaman musuh. Di antaranya seperti UAV taktis yang terbang dekat ke tanah, jet yang bersembunyi di kekacauan dekat radar, hingga deteksi dan pelacakan pesawat pengebom tempur pada jarak lebih dari hingga 515 km.

3. Penggunaan yang Fleksibel


Pada penggunaannya, GM 400 Alpha dirancang sebagai sistem radar yang fleksibel dan tahan lama. Kelebihan semacam ini menjadi perhatian pada berbagai sistem persenjataan modern untuk mengantisipasi hal-hal mendadak dan tidak terduga.

Sebagai contoh, alat ini dapat dipasang di beberapa tempat dan bisa dipindahkan hanya dalam waktu kurang dari sejam. Maka dari itu, jika ada keadaan mendesak, sistem radar tersebut bisa segera dipindahkan tanpa membutuhkan waktu lama.

4. Fitur Deteksi Musuh atau Teman


Saat beroperasi, GM 400 Alpha akan mendeteksi para target yang berada di jangkauannya. Setelah terdeteksi, sistem ini juga akan menampilkan klasifikasi target sebagai teman atau musuh.

Fitur ini hadir dengan Fused Interrogation Mode 5 yang memungkinkan identifikasi musuh atau teman (IFF) secara cepat. Teknologi ini sangat berguna untuk meminimalisir salah target antara musuh dan teman.

Demikian ulasan mengenai sejumlah kelebihan radar GM 400 Alpha yang dibeli Indonesia dari Thales.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2412 seconds (0.1#10.140)