Pengertian Ilmu Falak, Pencipta, Fungsi, dan Manfaatnya

Senin, 23 Oktober 2023 - 14:13 WIB
loading...
Pengertian Ilmu Falak, Pencipta, Fungsi, dan Manfaatnya
Ilmu falak berkembang sejak zaman kuno di berbagai peradaban seperti Mesir, Yunani, India, Persia, China, dan Arab. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ilmu falak merupakan salah satu cabang ilmu astronomi yang mempelajari lintasan benda-benda langit dengan tujuan mengetahui letaknya. Ilmu ini penting untuk dipelajari lantaran berguna dalam menentukan waktu tertentu.

Meski tergolong penting, banyak di antara mereka yang kurang mengetahui makna sebenarnya dari ilmu falak. Untuk lebih mengenal dekat dengan keilmuan ini, simak ulasan pengertian, pencipta, fungsi dan manfaat dari ilmu falak berikut ini.

Pengertian Ilmu Falak


Dilansir dari laman Afdhalilahi, ilmu falak berasal dari kata Arab الفلك (falak) yang berarti orbit atau lintasan benda-benda langit. Kata ini disebutkan dua kali dalam Al-Qur’an, yaitu dalam surat Al-Anbiya ayat 33 dan surat Yasin ayat 40.



Kedua surat tersebut menunjukkan bahwa Allah SWT menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan, masing-masing beredar di dalam garis edarnya. Ilmu falak juga disebut dengan istilah lain seperti ilmu hisab, ilmu rashd, ilmu miqat, atau ilmu haiah.

Pencipta Ilmu Falak


Ilmu falak berkembang sejak zaman kuno di berbagai peradaban seperti Mesir, Yunani, India, Persia, China, dan Arab. Ilmu falak pada awalnya digunakan untuk menentukan waktu ritual keagamaan, mengetahui siklus musim dan banjir, serta meramal nasib seseorang.

Ilmu yang satu ini dalam sejarahnya ditemukan oleh Nabi Idris AS. Beliau adalah salah satu nabi yang dianugerahi banyak kepandaian dalam berbagai disiplin ilmu.

Beliau juga dikenal sebagai orang yang pertama kali menulis menggunakan pena. Waktu itu, Nabi Idris juga menguasai ilmu perhitungan, ilmu alam, dan astronomi.



Beliau disebut sebagai Akhnukh oleh bangsa Sumeria yang merupakan bangsa tertua di dunia yang memiliki bukti kemampuan menulis. Dalam keterangannya, Nabi Idris AS hidup sekitar tahun 4.533 hingga 4.188 SM.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1648 seconds (0.1#10.140)