Penemuan Obat Panjang Umur Tinggal Selangkah Lagi, Ilmuwan Belajar dari Ubur-Ubur

Rabu, 10 Januari 2024 - 07:31 WIB

Ubur-ubur mengaktifkan 'superpower' ini untuk menghindari predator, memungkinkannya kembali ke bentuk kista, kemudian membentuk polip yang melekat pada dasar laut. Ketika ancaman sudah hilang, makhluk ini mulai kembali ke jalan menuju kematangan. Karena itu, ia dapat memperbaiki kerusakan genetik dan kembali ke tahap pengembangan sebelumnya. Bahkan setelah mencapai kedewasaan seksual, ubur-ubur abadi dapat berubah kembali menjadi larva.

Menurut peneliti yang memeriksa genomnya, ubur-ubur ini berbeda dari ubur-ubur lain, menjadi 'satu-satunya yang mempertahankan potensi peremajaan tinggi hingga 100 persen pada tahap post-reproduksi, mencapai keabadian biologis. Namun, perbaikan DNA bukanlah satu-satunya strategi umur panjang yang bisa manusia pelajari dari hewan.

Menurut penelitian baru yang diterbitkan bulan lalu, ubur-ubur kecil di Pasifik termasuk dalam klub eksklusif hewan yang dapat menumbuhkan kembali bagian tubuh yang hilang, dan ilmuwan tahu persis bagaimana mereka melakukannya.

Cladonema pacificum, ubur-ubur berukuran kuku yang begitu sederhana sehingga bahkan tidak memiliki nama umum, akan menumbuhkan kembali tentakel yang hilang dalam waktu tiga hari.

Para peneliti dari Universitas Tohoku dan Universitas Tokyo berusaha untuk menemukan apa yang sebenarnya terjadi dengan sel-sel di dalam tentakel ubur-ubur saat ia meregenerasi diri. Tim menemukan sel-sel normal pada tentakel di lokasi cedera dibantu oleh sel punca yang secara khusus berevolusi untuk memperbaiki anggota tubuh. Bersama-sama, kedua sel punca ini tumbuh menjadi anggota tubuh baru dari batang yang hilang.

Ilmuwan mengatakan sel-sel luar biasa ini mungkin menjadi kunci untuk membuka kemampuan regeneratif manusia, suatu hal yang sangat diinginkan untuk penelitian anti-penuaan dan umur panjang .