Negara Paling Kering di Dunia, Ini 10 Lokasinya

Minggu, 14 November 2021 - 20:28 WIB
loading...
Negara Paling Kering di Dunia, Ini 10 Lokasinya
Ada beberapa negara paling kering di dunia karena tingkat hujan yang sangat rendah. Bahkan tingkat kekeringan wilayahnya sangat ekstrem karena tidak turun hujan dalam waktu lama hingga bertahun-tahun. Foto/Ist
A A A
ADA beberapa negara paling kering di dunia karena tingkat hujan yang sangat rendah. Bahkan tingkat kekeringan wilayahnya sangat ekstrem karena tidak turun hujan dalam waktu lama hingga bertahun-tahun.

Di iklim kering dan tanah yang tandus, sulit untuk menanam apa pun karena penguapan dan transpirasi yang terus-menerus. Ini menandakan tidak ada air di sekitar wilayah tersebut. (Baca juga; Waduk Al-Duwaysat di Idlib Suriah Mengering, Pertama Kali Sejak Dibangun Tahun 1994 )

Dikutip dari live science, berikut 10 negara yang memiliki wilayah paling kering di dunia, yaitu Aoulef di Aljazair; Pelican Point (Namibia), Iquique (Chile), Wadi Halfa (Sudan), Ica (Peru), Luxor (Mesir), Aswan (Mesir), Al-Kufrah (Libya), Arica (Chile), dan Dry Valleys (Antartika).

Aoulef, Aljazair
Negara Paling Kering di Dunia, Ini 10 Lokasinya

Rata-rata curah hujan: 12,19 milimeter (0,48 inci) per tahun.
Kota kecil di pusat Aljazair ini merupakan tempat terkering di negara yang memang sudah kering. Tempat itu juga memiliki memiliki suhu yang panas dan dikelilingi padang gurun. Beberapa pohon kelapa menjadi pemisah antara kota dan gurun.

Pelican Point, Namibia
Negara Paling Kering di Dunia, Ini 10 Lokasinya

Rata-rata curah hujan: 8,24 milimeter (0,32 inci) per tahun.
Pelican Point adalah dermaga kecil di bukit pasir di Namibia, Afrika. Meskipun wilayahnya kering, tempat itu masih dikunjungi para peselancar karena pantainya memiliki ombak yang sempurna.

Iquique, Chile
Negara Paling Kering di Dunia, Ini 10 Lokasinya

Rata-rata curah hujan: 5,08 milimeter (0,2 inci) per tahun.
Kota perlabuhan ini terletak di bagian atas negara Chile yang memanjang. Lokasinya terletak di sebelah barat gurun Atacama yang terkenal. Jika hujan turun, itu hanya terjadi pada bulan Januari dan Februari.

Wadi Halfa, Sudan
Negara Paling Kering di Dunia, Ini 10 Lokasinya

Rata-rata curah hujan: 2,45 milimeter (0,096 inci) per tahun.
Wadi Halfa adalah gambaran sempurna untuk kota gurun. Udara kering subtropis di wilayah tersebut sangat berpengaruh kuat pada daerah sekitarnya, sehingga menyebabkan kekeringan dan suhu yang panas.

Ica, Peru
Negara Paling Kering di Dunia, Ini 10 Lokasinya

Rata-rata curah hujan: 2,29 milimeter (0,096 inci) per tahun.
Ica terletak di selatan Kota Lima yang berbatasan dengan Gurun Atacama. Wilayahnya berdebu dan kering. Daerah tersebut memiliki kelembapan udara yang kering. Iklim kota ini dinilai bagus untuk penderita berpenyakit asma.

Luxor, Mesir
Negara Paling Kering di Dunia, Ini 10 Lokasinya

Rata-rata curah hujan: 0,862 milimeter (0,034 inci) per tahun.
Pada musim kering, di kota ini berhembus angin panas yang dikenal sebagai khamsin. Kadang-kadang datang dari Gurun barat terdekat dan bisa membawa badai pasir. Badai bisa berlangsung selama dua hari dan dengan kecepatan 93 mil per jam dengan kenaikan suhu 20 derajat. Setiap hujan yang jatuh langsung menguap di udara panas.

Aswan, Mesir
Negara Paling Kering di Dunia, Ini 10 Lokasinya

Rata-rata curah hujan: 0,861 milimeter (0,0338 inci) per tahun.
Aswan dikenal baik karena memiliki bendungan terkenal di Mesir, namun suhu di sana tetap panas sepanjang tahun. Kedekatan kota ini ke Tropic of Cancer atau Garis Balik Utara juga berpengaruh terhadap suhu tinggi dan cuaca kering. Angin kencang disertai pasir dengan kecepatan 100 mil per jam (161 kilometer per jam) biasa terjadi. (Baca juga; Negara Tanpa Sungai di Dunia, Ini Penyebabnya )
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1369 seconds (10.55#12.26)