Inilah Perbedaan Air Liur Kucing dan Anjing

Rabu, 18 Mei 2022 - 13:54 WIB
loading...
A A A
Jenis bakteri yang umum hinggap di mulut anjing adalah clostridium, E. coli, salmonella, dan campylobacter. Bakteri tersebut dapat menyebabkan gangguan pencernaan parah pada manusia, mulai dari sakit perut, diare, demam, hingga mual dan muntah.

2. Air Liur Kucing
Berbeda dari anjing yang dikenal suka menjilat manusia, kucing lebih dikenal suka menjilat bagian tubuhnya sendiri. Mungkin kita akan merasa lebih aman karena air liur kucing tidak secara langsung dapat bersentuhan dengan manusia.



Namun karena kebiasaannya yang suka menjilati tubuhnya sendiri ini juga akan terdapat bakteri atau kuman yang dapat terkontaminasi ketika kita melakukan kontak fisik dengan kucing, seperti mengelus atau memegangnya? Apabila kucing tersebut terawat dengan baik tentunya tetap aman.

Jarang kasus kucing yang menularkan bakteri dari air liurnya bagi kucing yang terawat. Bagi kucing yang tidak terawat seperti kucing liar yang biasa berkeliaran di luar rumah tentunya kita juga tetap harus berhati hati.

Kucing dapat menularkan bakteri dari makanan yang dimakan. Apabila kita mempunyai makanan telah digigit oleh kucing, lebih baik kita buang karena makanan itu bisa saja terkontaminasi air liur kucing.

Dalam agama Islam sendiri air liur kucing tidaklah najis, bahkan sering dikenal sebagai binatang yang bersih dan suka membersihkan diri. Dan yang berbahaya dari kucing yang utama bukanlah dari liur melainkan dari kotorannya.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1686 seconds (0.1#10.140)