Batasi Jaringan Internet Starlink di Ukraina, Elon Musk Tak Mau SpaceX Picu Perang Dunia III

Selasa, 14 Februari 2023 - 22:29 WIB
loading...
A A A
SpaceX tidak mengklarifikasi batasan yang diterapkan untuk Ukraina atau apakah masih berlaku. Seorang juru bicara perusahaan mengatakan kepada CNBC bahwa itu dalam perjanjian layanan untuk AS, mencatat bahwa Starlink tidak dimaksudkan untuk tujuan ofensif.

“Starlink tidak dirancang atau dimaksudkan untuk digunakan dengan atau dalam persenjataan ofensif atau defensif atau penggunaan akhir lain yang sebanding,” menurut persyaratan layanan Starlink.
Batasi Jaringan Internet Starlink di Ukraina, Elon Musk Tak Mau SpaceX Picu Perang Dunia III


Juru bicara SpaceX mengatakan menggunakan internet satelit untuk perang militer akan melanggar undang-undang ekspor AS. Mykhailo Podolyak, penasihat Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, mengutuk tindakan SpaceX, menantang SpaceX untuk memilih apakah mereka berpihak pada Ukraina atau Rusia.



Ini bukan pertama kalinya SpaceX terlibat dalam kontroversi terkait perang yang berkecamuk di Ukraina. Pada bulan Oktober, terungkap bahwa SpaceX mengirim surat ke Pentagon yang mengatakan bahwa pihaknya tidak dapat lagi menyediakan Starlink ke Ukraina karena meningkatnya biaya operasional.

SpaceX juga meminta Departemen Pertahanan untuk mengambil alih biaya operasinya di Ukraina, mengklaim biayanya mendekati USD400 juta untuk 12 bulan ke depan. Namun, Musk telah membatalkan permintaan SpaceX, dengan mengatakan akan terus memberikan layanannya di Ukraina secara gratis meskipun kehilangan banyak uang.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1661 seconds (0.1#10.140)