7 Penemuan Dunia yang Terjadi secara Tidak Sengaja, Mulai dari Korek Api hingga Dinamit

Minggu, 06 Agustus 2023 - 17:38 WIB
loading...
A A A
Sejak 1950an, detektor asap mulai dipasang di pabrik-pabrik. Kemajuan teknologi sangat mengurangi biaya pada tahun 1970an, dan lebih dari 12 juta detektor asap terjual pada tahun 1977.

3. Velcro

Seorang insinyur Swiss George De Mestral tidak bermaksud menciptakan sabuk pengikat yang suatu hari wajib ada di pesawat ruang angkasa. Pada tahun 1941, dia kembali dari jalan-jalan dengan anjingnya. Sebuah duri tanaman kecil menghadang

De Mestral melihat bahwa duri itu berbentuk seperti kait kecil, yang tersangkut di simpul pakaian dan bulu anjingnya. Terdorong rasa penasaran, dia mulai mencoba membuat kain hook-and-loop sendiri yang bertahan lebih dari 10 tahun. Pada tahun 1955, dia mematenkan Velcro— nama yang menggabungkan kata Perancis velours dan crochet, yang berarti beludru dan pengait.

Kreasi De Mestral sejatinya terbuat dari nilon. Badan luar angkasa Amerika Serikat NASA pengadopsi awal idenya untuk menggunakan Velcro pada pakaian luar angkasa dan pesawat ulang-alik. Faktanya, mereka sangat antusias menerimanya sehingga banyak orang percaya Velcro adalah penemuan NASA.

Saat ini, Velcro banyak digunakan dalam mendesain pakaian jadi, perangkat perawatan kesehatan, mobil, dan pesawat terbang. Dan setelah penelitian selama beberapa dekade, para ilmuwan akhirnya menemukan cara membuat Velcro pada 2021.

4. Dinamit

Nitrogliserin ditemukan oleh ahli kimia Italia pada 1847 Ascanio Sobrero. Tak sengaja ia menemukan formula bahan peledak saat menggabungkan gliserol dengan asam nitrat dan sulfat. Formula ini menghasilkan senyawa yang mudah meledak serta jauh lebih kuat daripada bubuk mesiu, dan lebih mudah menguap.

Sobrero menentang penggunaannya, tetapi teman lab-nya Alfred Nobel melihat potensi untuk menciptakan bahan peledak dan senjata yang menguntungkan. Pada 1867, Nobel menciptakan dinamit, yang menstabilkan nitrogliserin melalui penambahan bubuk silika—meski sempat meledakkan pabriknya dua kali dalam prosesnya.



Nama Nobel paling dikenang untuk penemuan dinamit dan menuai hasil dari penjualan senjata perang yang dipatenkannya. Sedangkan Sobrero sangat menyesalinya. "Ketika saya berpikir tentang semua korban yang terbunuh selama ledakan nitrogliserin, dan malapetaka mengerikan yang telah ditimbulkan serta akan terus terjadi di masa depan, saya hampir malu untuk mengakuinya," kata Sobrero.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1233 seconds (0.1#10.140)