3 Sistem Pertahanan Rudal Israel yang Diminati Negara Arab, Nomor Terakhir Belum Terwujud

Sabtu, 17 Desember 2022 - 20:02 WIB
loading...
A A A
2. Sistem Pertahanan Rudal SPYDER
3 Sistem Pertahanan Rudal Israel yang Diminati Negara Arab, Nomor Terakhir Belum Terwujud


Israel telah setuju menjual sistem pertahanan rudal SPYDER (Surface-to-air PYthon and DERby) ke Uni Emirat Arab, menandai pertama kalinya sistem pertahanan udara milik negara zionis dijual ke negara Arab. Menurut laporan Reuters pada September 2022, Israel menyetujui permintaan UEA di tengah musim panas.

Sistem pertahanan rudal SPYDER dikembangkan Rafael Advanced Defense Systems dan dipamerkan di Dubai IDEX 2021. Sistem pertahanan rudal SPYDER menggabungkan rudal Python-5 dan I-Derby untuk memberikan perlindungan jarak pendek, menengah, dan jauh terhadap berbagai ancaman pesawat tempur, rudal jelajah, drone, dan banyak lagi.

Dengan pengamatan elektro-optik dan komunikasi tautan data nirkabel, sistem pertahanan rudal SPYDER dapat melawan berbagai ancaman secara bersamaan hingga jarak 80 kilometer dalam segala kondisi cuaca. UEA membeli senjata ini karena menjadi sasaran serangan rudal dan pesawat tak berawak pemberontak Houthi yang bersekutu dengan Iran di Yaman.



3. Sistem Pertahanan Rudal Iron Dome
3 Sistem Pertahanan Rudal Israel yang Diminati Negara Arab, Nomor Terakhir Belum Terwujud


UEA, Bahrain, Maroko mengajukan permohonan untuk membeli sistem pertahanan rudal Iron Dome ketika melakukan pertemuan dengan menteri luar negeri Israel dan AS pada Maret 2022. Menurut laporan Globes, UEA dan Bahrain menyebutkan ingin membeli sistem pertahanan rudal Iron Dome, sistem radar Green Pine, dan sistem rudal Arrow untuk pertahanan menghadapi ancaman rudal balistik.

Israel telah menerima pertanyaan tentang pengadaan Iron Dome, namun persetujuan penjualan ada di tangan Kementerian Pertahanan. Israel juga masih mengadakan diskusi dengan AS, yang merupakan pihak dalam pengembangan beberapa sistem Iron Dome.



The Globes menunjukkan keinginan tiga negara Arab terhadap sistem pertahanan rudal Iron Dome bukan hal baru. Sistem pertahanan rudal Iron Dome juga sangat diminati di Eropa, terutama Ukraina, namun permintaan Presiden Volodymyr Zelensky ditolak oleh Israel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2996 seconds (0.1#10.140)