Aneh, Hewan Ini Tidak Butuh Otak untuk Bisa Belajar Hal yang Kompleks

Senin, 03 April 2023 - 06:45 WIB
Pada kelompok yang sebelumnya menerima kejutan pada saat yang sama dengan cahaya, 72 persen mencabut tentakelnya hanya pada cahaya. Ini lebih dari dua kali lipat laju reaksi (30 persen) dari hewan yang dilatih dengan kejutan dan cahaya pada waktu yang berbeda.

Dengan menggunakan perangkat lunak untuk melacak panjang tubuh hewan di setiap titik dalam pengujian, tim juga mengukur sejauh mana retraksi.
Mereka menemukan bahwa panjang retraksi maksimum secara signifikan lebih lama pada hewan yang dilatih dengan kejutan dan cahaya secara bersamaan dibandingkan dengan kelompok yang tidak berpasangan.

“Hewan-hewan ini menunjukkan respons perilaku yang berbeda secara kuantitatif dan kualitatif dibanding hewan kontrol yang menerima rangsangan tidak berpasangan,” tulis tim ilmuwan.

Para peneliti mencatat, “pada sebagian besar organisme model, sirkuit saraf yang ditentukan dan mekanisme molekuler yang bertanggung jawab atas bentuk ingatan tertentu telah diidentifikasi."

Kemampuan cnidaria untuk belajar adalah contoh dari "kognisi yang terkandung" dan mendorong penelitian ke dalam struktur memori pada organisme yang tidak memiliki otak.

Penelitian mereka telah dipublikasikan di Prosiding National AcademyofSciences.